aroma yang bisa meningkatkan mood
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

9 Rekomendasi Aroma yang Bisa Meningkatkan Mood

Apa Anda sedang merasa bosan, malas melakukan apa pun atau bad mood? Cobalah untuk menyemprotkan aroma yang bisa meningkatkan mood. Percaya atau tidak, aroma dapat mempengaruhi suasana hati.

Daftar Isi

Wewangian erat kaitannya dengan perasaan. Saat aroma tersebut masuk ke penciuman, akan terbayang suatu keadaan hingga menghadirkan perasaan tertentu. Wewangian juga bisa menghadirkan memori bernuansa identik dengan wangi tersebut. Sehingga Anda mengingat masa tersebut dengan sangat baik.

Saat suasana terefleksikan begitu nyata, itu salah satu bentuk kesuksesan suatu aroma. Misal saat Anda mengenakan parfum beraroma vanila, kenangan manis saat kecil muncul seketika. Begitu terbayang  seakan nyata di mana Anda dan keluarga tengah menikmati es krim vanila yang lembut. Atau saat Anda mencium wangi almond. Teringat masa ketika menggendong bayi Anda yang lucu, lembut, dan menyenangkan. ini terjadi karena bagian otak yang mengelola hasil penciuman dan ingatan berasal dari struktur otak yang sama.

Dengan menghirup aroma yang menyenangkan suasana hati pun akan membaik. Lalu wewangian apa saja yang bisa meningkatkan mood? Mari simak beberapa aroma yang kami rekomendasikan. Pilih dan sesuaikan dengan suasana yang Anda inginkan.

Rekomendasi Aroma yang Bisa Meningkatkan Mood

Untuk meningkatkan suasana hati, diperlukan wewangian dengan efek tertentu. Anda bisa memilih yang beraroma segar untuk menjadi lebih bersemangat. Bisa juga Anda pilih wangi lembut untuk digunakan saat memerlukan ketenangan. Atau wangi bernuansa alami untuk membangkitkan jiwa petualangan.

Kami merekomendasikan 9 aroma untuk memperbaiki mood Anda. Silakan simak di bawah ini.

1. Vanila

Aroma ini berasal dari tumbuhan. Tepatnya dari buahnya yang berbentuk polong. Vanila menjadi bahan yang memberikan aroma baik pada masakan maupun parfum. Vanila juga memiliki aroma yang bisa meningkatkan mood.

aroma yang bisa meningkatkan mood

Aroma ini banyak digemari karena memberi kesan manis dan hangat. Ketika menciumnya, seketika tergambar masa kecil yang manis dan menyenangkan. Aroma vanila juga bisa memberikan efek tenang. Seperti saat dipeluk orang tersayang.

Aroma ini sangat cocok dipakai lelaki atau perempuan. Apalagi saat ingin berkencan. Nuansa hangat dan tenang bisa membuat Anda dan teman kencan merasa lebih nyaman.

Tubuh juga bisa merespons aroma ini sebagai afrodisiak. Berdasar mitologi rakyat Totonac tentang seorang dewi yang berubah menjadi tumbuhan. Tumbuhan itu menguarkan wangi lembut dan menyenangkan yang sekarang disebut vanilla. Itu dikarenakan dia tidak bisa bersatu dengan lelaki yang dicintainya karena dirinya seorang dewi.

2. Jeruk Bergamot (Citrus Bergamia)

Jeruk ini bentuknya kecil seperti jeruk nipis. Pohonnya juga kecil dan berbuah di musim dingin. Rasanya asam berpadu sedikit pahit. Meski begitu, aromanya manis dan menyegarkan.

Aroma jeruk bergamot sering digunakan sebagai aroma terapi. Banyak juga diekstrak dalam bentuk minyak esensial yang dapat digunakan saat mengalami masalah kecemasan. Dengan sedikit pijatan, pikiran bisa berangsur lebih jernih.

Aromanya memberikan kesan segar, energik, dan ceria. Sangat cocok untuk memulai hari Anda dengan semangat dan keceriaan.

3. Lavender

Bunga berwarna ungu ini terkenal dengan keindahannya. Di Prancis, terdapat daerah dengan ladang-ladang lavendernya yang menawan. Bunga ungu kebiruan itu berbaris rapi dan lembut seperti bulu pada permadani.

Aroma pada bunga ini juga terbilang unik. Wangi di penciuman manusia, tetapi tidak disukai nyamuk. Selain itu lavender sering dijadikan aroma terapi. Wanginya yang menenangkan dipercaya bisa memperbaiki suasana hati.

Untuk Anda yang mengalami insomnia, aroma lavender juga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Sebuah kajian ilmiah di British Association of Critical Nurse 2017 mengemukakan manfaat lavender untuk kualitas tidur yang baik. Anda tinggal menyemprotkan aroma lavender ke bantal atau selimut.

4. Cendana

Cendana dihasilkan dari pohon kayu cendana. Selain digunakan sebagai rempah dan bahan baku dupa, cendana biasa diekstrak menjadi minyak untuk aroma terapi dan parfum. Cendana merupakan aroma yang bisa meningkatkan mood.

aroma yang bisa meningkatkan mood

Kayu cendana wangi, banyak tumbuh di Indonesia dan negara lain di Asia. Aroma yang dihasilkan sangat lembut dan menenangkan. Cocok digunakan saat Anda merasa cemas karena dapat menenangkan saraf.

5. White Musk

Musk adalah aroma yang dihasilkan dari kelenjar rusa kesturi. Musk populer sejak jaman romawi kuno dan menjadi bahan hewani termahal di dunia. Rusa ini hidup di pegunungan Himalaya dan Asia tengah. Tidak memiliki tanduk dan memakan rerumputan seperti herbivor lainnya.

musk deer

Aroma musk sangat unik dan dipercaya dapat menarik perhatian lawan jenis. Ini disebabkan oleh feromon yang terdapat pada rusa kesturi. Sehingga aroma ini kerap dikatakan sensual.

Seiring berkembangnya zaman, Musk sudah tidak lagi diproduksi dari kelenjar rusa. Hal ini dilarang karena membuat populasi rusa itu terancam punah. Pun dengan kegiatannya yang dipandang menyakiti hewan. Hewan tersebut akan mati usai diambil kelenjarnya.

Ditemukanlah alternatif wangi musk dari tumbuhan yang dinamakan white musk. Ada beberapa jenis bunga yang wanginya mirip dengan aroma kelenjar kesturi. Aroma ini diproduksi secara eksklusif oleh industri parfum, kosmetik, dll.

Musk memiliki aroma yang unik. Perpaduan hangat, sensual, segar, dan menginspirasi. Cocok digunakan kapan saja.

6. Rosemary

aroma yang bisa meningkatkan mood

Rosemary mengandung bahan stimulan yang mampu meningkatkan penampilan Anda. Aroma ini membuat Anda bersemangat dan  segar seperti baru mandi. Sangat cocok untuk Anda yang ingin kembali bersemangat menjalani aktivitas.

7. Almond

Almond adalah bahan yang populer di dunia kecantika. Almond termasuk aroma yang bisa meningkatkan mood.  Wangi dan kelembutan dari ekstrak almond membuatnya sering digunakan pula pada produk anak. Hal itu membuat wangi almond identik dengan anak-anak.

Ekstrak almond kaya akan vitamin E. Sehingga bermanfaat untuk meremajakan kulit, dan membuatnya tetap lembap. Almond juga sangat berguna bagi orang yang mempunyai kulit sensitif. Selain itu, minyak almond juga bagus untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut.

Wangi ini cocok digunakan bagi Anda yang menginginkan suasana tenang sambil mengingat kenangan indah masa kecil. Membuat Anda merasa dikelilingi orang tersayang.

8. Lada Merah Muda atau Pink Paper

Lada ini berasal dari pohon lada di Brasil. Selain menjadi campuran untuk bumbu masakan, aroma lada ini banyak digemari industri parfum. Namun, untuk mendapatkannya tidak semudah mendapatkan lada biasa.

Aromanya yang memberikan kesegaran dapat menghadirkan sensasi di alam bebas. Cocok untuk kamu yang menyukai kesegaran dan petualangan.

9. Melati

Aroma melati sangat populer di Indonesia. Wangi ini banyak terdapat di produk-produk makanan dan minuman.

Banyak sekali minuman beraroma jasmine atau melati. Terutama produk teh. Saat meminum teh, aroma melati akan tercium sangat pekat. Merasuk penciuman dan memberikan efek relaksasi.

Aroma melati pun dapat ditemui di produk kecantikan dan parfum. Aromanya yang menenangkan, segar, dan mewah mampu membangun rasa percaya diri.

Nah itu dia rekomendasi beberapa aroma yang bisa meningkatkan mood, jangan lupa untuk mencobanya.

Bagikan tulisan ini // "sharing is caring"

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Dapatkan diskon up to 30% hanya dengan memberikan komentar di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON SELAMAT DATANG sebesar

20%.

Silahkan masukkan Nama & email Anda disini