parfum yang membuat fresh
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Musk Bahan Parfum Yang Membuat Fresh dan Inspiratif

Penyuka wewangian pasti tidak asing lagi dengan musk. Musk kerap dijadikan aroma dasar parfum yang membuat fresh dan inspiratif. Wanginya sulit didefinisikan, tetapi memiliki kesan hangat, menyegarkan, dan sensual. Itu sebabnya industri parfum menggunakan varian musk.

Daftar Isi

Tidak hanya di luar negeri, produk-produk kecantikan dan kesehatan di Indonesia pun banyak menjadikan musk sebagai aromanya. Mulai dari sabun, parfum, pewangi pakaian, dll, saking populernya aroma ini.

Sebutan untuk aroma ini cukup beragam. Ada yang menyebutnya musk, ada pula yang menyebutnya kesturi. Coba cek produk parfum, pewangi atau sabun Anda, apakah ada yang beraroma musk? Bisa jadi, tanpa sadar Anda pun menyukai aroma ini.

Mari simak lebih jauh tentang musk.

Sumber Aroma Musk Sebagai Parfum yang Membuat Fresh dan Inspiratif

Menurut Wikipedia, Musk ini berasal dari kelenjar sekresi hewan. Salah satu nama hewannya adalah rusa kesturi jantan atau musk deer. Rusa ini tidak bertanduk dan awalnya hidup di daerah Asia Tengah dan pegunungan Himalaya.

musk deer

Banyak juga tanaman atau zat buatan yang punya aroma serupa. Atau sengaja dibuat mirip. Kenapa dibuat serupa? Seperti yang sudah dijelaskan, aroma ini berasal dari hewan. Proses pengambilan kelenjar sekresi musk deer ini pun membuat hewan itu mati. Itu berarti keberadaan hewan tersebut sangat terancam populasinya. Bahkan rusa kasturi terancam punah.

Harganya pun sangat mahal. Melebihi harga emas. Sedangkan keberadaannya sangat langka. Sebab itulah dibuat aroma serupa dari bahan lain. Seperti bunga atau tumbuh-tumbuhan dan padu padan zat aromatik lain.

Wangi dasar parfum yang membuat fresh dan inspiratif ini sudah populer sejak dulu. Musk menjadi produk hewani termahal di dunia.

White Musk

Rusa kasturi terancam punah, dan kini dilindungi. Dalam industri produk yang memakai unsur wewangian, musk tidak mesti berasal dari rusa kesturi. Terpenting adalah wanginya yang hampir sama.

Bahan lain yang memiliki aroma musk adalah tumbuhan. Di antaranya Garden Angelica, abelmosk, dan musk flower. Musk dari ekstrak tumbuhan akrab disebut white musk dan sering digunakan berbagai merek parfum ternama.

white musk

Keistimewaan Musk Sebagai Parfum yang Membuat Fresh dan Inspiratif

Beberapa keistimewaan musk bisa Anda simak di bawah ini:

Aroma yang khas

Musk menjadi sangat istimewa karena keharumannya yang kuat dan khas. Ini karena rusa kesturi jantan memiliki feromon.

Apa itu feromon? Feromon adalah aroma alami yang muncul dari badan yang bisa menarik perhatian lawan jenis. Itulah sebabnya musk ini dikatakan memiliki aroma sensual.

Ketahanan dan keunikan

Musk berbeda dari parfum lain. Selain bertahan lama, aroma musk berubah seiring waktu. Makin lama dipakai, aromanya semakin wangi. Itu sebabnya parfum musk cocok dipakai untuk berbagai aktivitas.

Aromanya juga terbilang unik karena sulit didefinisikan. Namun, nuansa hangat dan sensualnya mampu menarik perhatian. Membuat orang mencari sumber aroma tersebut.

Musk juga sering dipakai sebagai aroma terapi karena wanginya yang lembut dan menenangkan.

Penggunaan Musk

Musk sudah lama digunakan sebagai bahan parfum pada abad ke enam. Pada zaman kekaisaran romawi (Byzantium) dan bangsa arab. Musk tersebut dipakai sebagai bahan campuran adukan semen untuk bangunan masjid. Sehingga wangi musk tercium saat dinding atau bangunan terkena sinar matahari.

Adapun dalam pembuatan parfum, bahan musk ini diekstrak menjadi minyak. Setelah itu baru digunakan sebagai campuran aneka parfum yang membuat fresh dan inspiratif.

Cara Menggunakan Parfum Agar Aromanya Bertahan Lebih Lama

Akan sangat disayangkan, jika kita membeli parfum musk dengan harga mahal tetapi aromanya tidak bertahan lama. Selama apapun ketahanan parfum, tidak akan maksimal jika tidak digunakan dan dirawat dengan cepat tepat.

Berikut beberapa tips dalam menggunakan parfum musk.

parfum yang membuat fresh

Memakai Parfum di Outer

Memakai parfum memang seharusnya di badan karena kulit lebih baik dalam mengikat wangi. Namun, bisa juga Anda pakai di pakaian. Asalkan, tidak di area yang berkaitan langsung dengan bagian tubuh yang mengeluarkan banyak keringat.

Kenapa begitu? Jika parfum disemprotkan di baju dan terkena keringat, aromanya akan bercampur. Alih-alih wangi, malah tercium bau aneh dan tidak sedap.

Anda bisa menyemprotkannya di jaket atau outer. Dalam kondisi dingin, badan cenderung tidak berkeringat dan biasanya kita gunakan jaket untuk menghangatkan badan. Andai pun berkeringat, keringat tersebut tidak terlalu banyak dan tidak menempel ke jaket atau outer. Wangi yang menempel bisa sangat lama. Bahkan, meski telah dicuci.

Aplikasikan Parfum di Badan

Pada anggota badan, penggunaan parfum ada di titik-titik tertentu. Seperti titik nadi yang membantu menguarkan aroma dengan kehangatannya. Letaknya di leher, pergelangan tangan, lipatan siku, dan lutut. Bisa juga Anda semprotkan di  area dada dan belakang telinga.

Menggunakan Pelembab

Sebelum memakai musk parfum yang membuat fresh dan inspiratif, alangkah lebih baik jika Anda mengoleskan dulu pelembab. Ini akan membuat parfum bertahan lebih lama. Namun, agar aromanya tidak bertabrakan, gunakan pelembab kulit yang tidak berbau.

Memperhatikan Kebersihan diri

Sebelum memakai parfum, kebersihan harus diperhatikan. Ini berguna agar parfum lebih keluar aromanya. Tidak bercampur dengan bakteri dan keringat. Parfum sewangi apa pun, tidak akan maksimal jika diaplikasikan pada permukaan yang kotor.

Menjaga Kondisi Parfum

Jagalah kondisi parfum agar tetap dalam keadaan baik untuk digunakan. Tidak berubah baunya. Perhatikan petunjuk penyimpanan.

Pada umumnya parfum lebih baik di simpan di tempat sejuk dan kering. Hindari tempat lembap yang biasa menjadi tempat bersarang kuman. Jangan juga terkena sinar matahari langsung agar elemen parfum tidak hilang.

Pastikan parfum tertutup rapat saat di simpan dan letakkan wadahnya dalam posisi berdiri. Hindarkan dari benda berbau menyengat seperti barang yang mudah berkarat.

Semprotkan Sesuai Kebutuhan

Menggunakan parfum yang berlebihan akan membuat baunya menyengat. Hal ini bisa menyebabkan orang sekitar terganggu.

Gunakanlah beberapa semprot saja sesuai kebutuhan. Semprotkan dari jarak sekitar 15-25 cm agar penyebarannya lebih baik. Jika disemprotkan terlalu dekat, parfum hanya akan berpusat di satu tempat. Jika terlalu jauh pun aromanya tidak akan menempel dengan baik.

Jangan Menggosok Kulit yang Telah Diberi Parfum

Banyak sekali orang yang menggesek-gesekkan kedua pergelangan tangan usai memakai parfum. Dalihnya untuk membuat parfum menempel dan baunya menyebar. Namun, itu adalah anggapan yang salah. Dengan menggosok, parfum justru akan cepat hilang  wanginya karena elemen yang hilang.

Tips tersebut sangat pas Anda lakukan saat memakai parfum musk. Aromanya akan lebih keluar dan tahan lama. Dengan penampilan bersih dan wangi, Anda bisa lebih percaya diri. Apalagi jika Anda adalah orang yang sering berada di luar ruangan dan berinteraksi dengan banyak orang.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan tentang musk sebagai parfum yang membuat fresh dan inspiratif.

Beberapa parfum La Villa yang mengandung Musk

Parfum Pria

Parfum Wanita

Bagikan tulisan ini // "sharing is caring"

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Dapatkan diskon up to 30% hanya dengan memberikan komentar di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON SELAMAT DATANG sebesar

20%.

Silahkan masukkan Nama & email Anda disini