parfum terbaik sepanjang sejarah
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

50 Parfum Terbaik Sepanjang Sejarah (1)

Parfum sangat populer dan sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Wewangian yang beredar sekarang tentu tak lepas dari beberapa merek parfum terbaik sepanjang sejarah.

Daftar Isi

Mereka menginspirasi dan membuat produsen berinovasi menjadikan industri parfum semakin beragam. Tidak bisa dimungkiri, parfum-parfum ini sangat unik, baik dari bahan maupun aromanya.

Kami menyediakan 50 nama parfum luar biasa yang mempengaruhi tren parfum masa kini. Ini bisa menjadi gambaran tentang perkembangan parfum yang menginspirasi. Beberapa mungkin sudah tidak bisa lagi dijumpai. Bisa karena bahan baku yang langka atau lainnya.

Anda bisa coba mencari yang mirip dengan referensi di bawah untuk mencobanya. Atau bisa mengunjungi situs resmi dan mencari parfum yang mirip dari parfum yang Anda minati. Biarpun sudah tidak lagi sama, parfum terbaik biasanya diformulasikan ulang  dengan penambahan atau pengurangan beberapa bahan.

24 Parfum Pertama dari 50 Parfum Terbaik Sepanjang Sejarah

Akan sangat banyak jika 50 parfum disajikan sekaligus. Kami membaginya menjadi 2 dan menyuguhkan 20 parfum pertama dari seratus.

1. Fougère Royale (Houbigant, Pencipta Parfum Paul Parquet, 1882)

Parfum ini sangat unik yang menjadi pelopor parfum bernuansa fougere lainnya. Aromanya merupakan gabungan sensasi alami dan sintetis. Fougere adalah aroma parfum berbau daun pakis atau hutan yang rindang dan sejuk.

2. Jicky (Guerlain, Pencipta Parfum Aimé Guerlain, 1889)

Pembuat parfum ini dibuat dari bahan sintetis. Penciptanya membuat parfum ini beraroma segar. Seperti aroma jeruk dan aromatik lain yang memberi nuansa segar dan manis.

Pencipta parfum ini selalu memberikan kesan manis, fresh, dan menyenangkan pada karya-karyanya. Dan ini menjadi ciri khas bagi pencipta parfum Guerlain.

3. L’Origan (Coty, pembuat parfum François Coty, 1906)

Parfum ini sangat unik  dan merupakan parfum terbaik sepanjang sejarah. Gabungan ragam bunga oriental klasik seperti bunga jeruk, melati, dan anyelir dipadu dengan wangi bernuansa temaram hutan dan manisnya violet. Parfum ini menjadi inovasi baru di masanya.

4. Quelques Fleurs (Houbigant, pembuat parfum Robert Bienaimé, 1912)

Parfum ini disusun oleh komposisi yang luar biasa. Seiring waktu, wangi khasnya terus menurun, tapi menginspirasi banyak parfum ternama. Bisa dikatakan pengaruhnya sangat luas.

5. L’Heure Bleue (Guerlain, pembuat parfum Jacques Guerlain, 1912)

L’Heure Bleue bukan merupakan parfum floral pertama. Namun, parfum ini diciptakan dengan peningkatan dari parfum floral sebelumnya. Nuansa floral orientalnya halus meski dengan susunan bahan bernuansa berat lainnya.

6. Narcisse Noir (Cairan, pembuat parfum Ernest Daltroff, 1912)

Parfum ini menggunakan bunga jeruk dan menghasilkan wangi hot oriental. Genre oriental pedas yang dipeloporinya menciptakan wewangian lain yang unik.

7. Chypre (Coty, pembuat parfum François Coty, 1917)

Chypre tersusun dari aroma jeruk bergamot, lumut, dan labdanum—zat aromatik yang digunakan sejak zaman romawi kuno. Aromanya segar, cerah, dan lebih cerah dengan penambahan bahan modern.

Chypre tidak meledak di pasar parfum. Namun, aromanya sangat berpengaruh di dunia parfum. Chypre menyemarakkan lagi genre wewangian klasik menjadi lebih modern. Banyak parfum populer yang terinspirasi dari Chypre.

8. Guerlain Mitsouko (Guerlain, pembuat parfum Jacques Guerlain, 1919)

Parfum ini merupakan turunan dari Chypre. Nuansa halusnya dibangun oleh wangi segar jeruk, bunga-bungaan, amber, dan oakmoss. Ditambah dengan tone hewani. Parfum ini juga menggunakan aroma persik dengan aroma aldehyde C-14 untuk kelembutan dalam komposisinya.

9. Chanel No 5 (Chanel , pembuat parfum Ernest Beaux, 1921)

Chanel No 5 memiliki wangi yang khas. Disusun oleh keindahan aldehid, dan bunga. Seperti melati, ylang-ylang, mawar, juga iris dan vanili. Dipadu dengan nada hewani yang hangat. Chanel No 5 merupakan parfum terbaik sepanjang sejarah dan menginspirasi.

10. Shalimar (Guerlain, pembuat parfum Jacques Guerlain, 1925)

Shalimar tersusun dari jeruk bergamot, vanilla, musk, tonka bean, dan castoreum. Versi original parfum ini kaya akan zat hewani.  Namun, semakin kesini tersusun dari zat hewani sintetis.

11. Joy (Jean Patou, pembuat parfum Henri Almeras, 1930)

Joy merupakan parfum yang dibuat oleh parfumis kreatif. Parfum ini memiliki wangi yang kuat dari mawar dan melati terbaik di prancis. Karakter parfum ini sesuai dengan namanya yang membuat hati senang.

12. Pour Un Homme (Caron, pembuat parfum Ernest Daltroff, 1930)

Pour Un Homme memiliki karakter yang maskulin. Keindahannya bersumber dari perpaduan lavender dan vanilla. Dua bahan ini tidak seirama—yang satu aromatik dan dingin, satu lagi lembut dan hangat. Namun, penciptanya berhasil menjadikan dua bahan ini perpaduan yang harmoni.

13. Old Spice (Sulton, pembuat parfum Albert Hauck, 1938)

Old spice mudah ditemukan  dan harganya pun relatif murah. Itu sebabnya Old Spice dianggap tidak berkelas. Namun, beberapa tes buta wewangian yang dilakukan pada wanita, Old spice digambarkan begitu elegan.

14. Vent Vert (Balmain, pembuat parfum Germaine Cellier, 1945)

Vent vert merupakan parfum populer pertama yang diciptakan oleh perempuan bernama Germaine Cellier. Pada masa itu dunia parfum didominasi oleh pria. Namun, parfum ini berhasil menjadi trendsetter tersohor parfum bernuansa floral green.

Parfum ini pertama diluncurkan pada 1947. Vent vert diciptakan untuk Pierre Balmain oleh Germaine Cellier.

15. Ma Griffe (Carven, pembuat parfum Jean Carles, 1946)

Ma Griffe adalah parfum terbaik sepanjang sejarah yang diciptakan untuk perempuan muda. Carven yang tertarik pada parfum buatan Jean Carles ini memutuskan untuk meluncurkan komposisi original. Parfum ini unik dengan kontrasnya kayu yang oriental bernuansa hangat dipadu kesegaran.

Sekarang, Ma Griffe berbeda dengan yang dulu. Ini karena penggunaan oakmoss yang dibatasi. Namun, masih tetap bagus kualitasnya.

Carles punya metode yang unik dalam pembuatan parfum. Ciri khasnya selalu memadukan wewangian yang kontras di setiap lapisan atas, tengah, dan bawah. Namun, tetap tersaji harmoni yang indah.

16. Miss Dior (Christian Dior, pembuat parfum Jean Charles dan Paul Vacher, 1947)

Miss Dior menggabungkan dua nuansa yang berlawanan. Pedas merica dan ketumbar dipadukan dengan aroma bunga mewah. Parfum ini memiliki perpaduan rumit, tetapi sempurna dan menginspirasi.

17. L’Air du Temps (Nina Ricci, pembuat parfum Francis Fabron, 1948)

Parfum ini merupakan wewangian floral untuk wanita. Parfum ini sangat populer hingga sekarang dan merupakan kreasi parfum yang hebat. Parfum ini diluncurkan pada 1948 usai Perang  Dunia ke 2. Simbol merpati di atas botolnya merupakan simbol perdamaian.

18. Youth Dew (Estée Lauder, pembuat parfum Josephine Catapano, 1952)

Parfum ini sangat populer karena merupakan parfum hebat pertama dari Amerika. Josephine Catapano adalah pembuat parfum wanita Amerika pertama ini. Dia pun membimbing wanita-wanita lain untuk menciptakan wajah baru parfum Amerika. Kata Sophia Grossman.

Karya Catapano bersama Estèe Lauder memperkenalkan Youth Dew. Wewangian yang mengubah kebiasaan di kalangan wanita. Kala itu, wanita tidak biasanya membeli parfum sendiri. Sedangkan Youth Dew adalah minyak mandi yang memberi wewangian, sehingga wanita tak perlu lagi repot menjelaskan pada sang suami. Wanita pun dapat menggunakannya tanpa harus menunggu acara istimewa.

19. Silvestre (Victor atau G. Visconti di Modrone, 1946)

Silvestre merupakan parfum maskulin. Diambil dari nama Genus Pinus Sylvestris (pohon natal yang umum). Parfum ini memiliki penekanan pada elemen aromatik. Penekanannya terletak pada aroma tumbuhan, jeruk, serta kekayaan aroma kayu.

Meskipun telah dihentikan karena dibeli pihak lain, silvestre merupakan parfum terbaik sepanjang sejarah. Pengaruhnya pun sangat besar bagi industri parfum maskulin.

20. Intimate (Revlon, pembuat parfum Ernest Shiftan, 1955)

Intimate memiliki karakter yang lembut juga mewah. Wanginya tersusun dari aroma bunga mawar, narsisi, dan melati. Elemen utama yang kuat berupa bunga menjadikan parfum  ini populer di Amerika. Intimate pun memengaruhi  banyak parfum lain.

21. Chanel Pour Monsieur (Chanel, pembuat parfum Henri Robert, 1955)

Pour Monsieur memiliki nuansa pedas, sejuk, anggun, dan halus. Unsur utama penyusunnya adalah paduan musk, kulit, lumut, dan jeruk. Sensasi pedas dan sejuknya berasal dari kapulaga. Bertahun-tahun kemudian, Pour Monsieur telah diformulasikan lebih segar dengan senyawa citrus. Namun, tetap khas dengan karakternya sendiri.

22. Diorissimo (Christian Dior, pembuat parfum Edmond Roudnitska, 1956)

Edmond Roudnitska adalah pencipta parfum legendaris. Dia menciptakan Diorissimo dengan inovasi struktur yang baru dan luar biasa. Edmond Roudnitska hebat dari sudut pandang memadukan realisme dan abstrak.

Hingga awal abad ke-20 wewangian yang mendominasi cukup sederhana. Seperti paduan aroma alami violet, mawar, jeruk, rosemary, dsb. Namun, setelah kehadiran Diorissimo, terjadi perubahan selera menuju aroma abstrak dan impresionis. Diorissimo  menghadirkan hal baru yang terinspirasi oleh wangi bunga bakung. Aromanya tidak hanya lembut, tapi menyenangkan.

23. Vétiver (Carven, pembuat parfum Edouard Hache, 1957)

Parfum terbaik sepanjang sejarah berikutnya adalah Vétiver de Carven.  Parfum ini membangkitkan tren nada hijau di kalangan luas. Parfum ini tersusun dari jeruk dan pedas dari bahan yang terkandung dalam rumput vetiver.

Nuansa sejuk mint-nya sangat cocok dengan hijaunya yang memukau. Ditambah nilam dan amber memberi kesan hangat dan gelap yang benar-benar maskulin.

24. Cabochard (Grès, pembuat parfum Bernard Chant, 1959)

Kata Cabochard asal katanya adalah “caboche” dalam bahasa Prancis kuno.  Arti caboche adalah keras kepala. Parfum ini sangat berpengaruh di kalangan parfum feminin dan maskulin. Parfum ini tersusun dari kulit kelam dan kayu dengan kesegaran aromatik dari jeruk dan galbanum.

bersambung…

Bagikan tulisan ini // "sharing is caring"

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Dapatkan diskon up to 30% hanya dengan memberikan komentar di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON SELAMAT DATANG sebesar

20%.

Silahkan masukkan Nama & email Anda disini