Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Ketombe ? Siapa Takut! Ini Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Sering berada di bawah terik matahari dalam waktu yang dan sering menggaruk-garukan kepala, akan berujung pada rambut rusak dan berketombe. Hal ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan juga menurunkan rasa percaya diri.

Daftar Isi

.Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok sebenarnya mudah. Tidak juga perlu produk mahal atau mengeluarkan banyak uang.

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Sehingga, akan aman saat Anda melakukan perawatan dan bahannya pun mudah ditemukan.

Penyebab Timbulnya Ketombe

Bagi sebagian orang, permasalahan ketombe bisa dianggap sepele dan diabaikan. Padahal, hal ini sangat mengganggu penampilan, baik bagi Anda sendiri ataupun orang yang melihatnya.

Lebih jauh, ketombe yang tidak segera diatasi, bisa menimbulkan kerontokan rambut. Memang, ketombe tidak menjadi penyebab langsung mengapa hal ini bisa terjadi. Namun, kedua hal ini saling berkaitan dan umumnya terjadi bersamaan.

Sebenarnya, ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya ketombe. Mulai dari perawatan rambut yang salah, hingga masalah kesehatan.

Penyakit kulit kepala

Penyakit kulit kepala atau biasa dikenal dengan dermatitis seboroik adalah penyakit yang menyerang di area kepala. Ini ditandai dengan adanya bercak yang menebal dan terasa bersisik di kulit kepala.

Penyakit ini bisa menimbulkan iritasi di kulit kepala, rambut berminyak dan timbulnya ketombe.

Selain itu, dermatitis seboroik juga bisa terjadi pada kulit tubuh lain yang memiliki kelenjar minyak berlebih. Seperti di bagian dada, telinga, alis kelopak mata dan lipatan hidung.

Jarang sisiran

Siapa yang sangka jarang menyisir rambut ternyata bisa menjadi penyebab terjadinya ketombe.

Ternyata, menyisir rambut dapat membantu pengelupasan kulit kepala yang sudah mati secara normal. Sehingga, jika Anda jarang melakukannya, sel kulit mati yang ada di kepala akan bertumpuk dan menyebabkan terjadinya ketombe.

Jamur

Di musim penghujan atau saat suasana begitu dingin, jamur berkembang di kulit kepala. Hal ini karena rambut jarang terkena sinar matahari. Sehingga, memudahkan jamur untuk tumbuh dan berkembang.

Adapun jenis jamur yang biasa menyerang kepala kita adalah jenis Malassezia. Sifat asli dari jamur ini memaksa sel kulit kita memproduksi lebih banyak.

Nantinya, sel ini akan berpadu dengan minyak rambut dan kulit kepala, sehingga menimbulkan ketombe.

Kulit kepala kering

Salah satu penyebab umum yang sering menimbulkan ketombe adalah kulit kepala kering. Biasanya, kulit kepala kering akan menimbulkan eksim, terasa gatal, kulit kepala menjadi bersisik, sehingga terciptalah ketombe.

Hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan dan harus segera diatasi. Terlibah, ketombe jenis ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan sangat gatal.

Anda tentu tidak ingin terlihat kotor karena selalu menggaruk kepala di berbagai kesempatan, bukan?

Jarang atau sering keramas

Ternyata jarang atau terlalu sering mencuci rambut dapat menyebabkan terjadinya ketombe.

Jika jarang mencuci rambut, sel kulit mati dan kotoran akan menumpuk di kepala sehingga memicu timbulnya ketombe.

Sedangkan jika Anda terlalu sering keramas, kulit kepala Anda menjadi terlalu sering terpapar zat kimia dari shampo. Sehingga, minyak di kulit kepala sering terkikis dan menyebabkan iritasi.

Penyakit

Kondisi kesehatan seseorang juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ketombe. Memang tidak semua penyakit bisa mengakibatkan hal ini. Hanya penyakit-penyakit tertentu saja.

Beberapa contoh penyakit yang bisa menimbulkan ketombe di kulit kepala, antara lain penyakit parkinson, HIV dan penderita stroke.

Pola makan yang salah

Pola makan yang salah dan nutrisi tubuh yang tidak terpenuhi, akan menyebabkan terjadinya ketombe.

Untuk kulit kepala dan rambut sehat, nutrisi yang harus Anda penuhi adalah mineral, zinc, dan vitamin B.

Nutrisi ini bisa Anda temukan melalui daging sapi, keju cheddar, telur, sayuran hijau, buah-buahan dan coklat.

Stres

Stres bukan hanya menimbulkan gangguan kesehatan tubuh, tetapi juga menyebabkan ketombe dan kerontokan rambut.

Hal ini karena, ketika stres dapat menurunkan imun tubuh, sehingga kulit kepala rentan bermasalah.

Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok sebenarnya tidak membutuhkan biaya mahal. Anda bisa menemukan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan ada di sekitar Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menerapkan perawatan rambut dan kulit kepala dengan lebih disiplin secara mandiri.

Cara Mengatasi Ketombe

Salah satu hal umum yang sering dilakukan seseorang untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe. Namun, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

Hasilnya memang tidak bisa instan, tetapi perawatan dengan bahan-bahan ini juga mampu memberikan kesehatan rambut.

Tea tree oil

Tea tree oil mengandung antimikroba dan anti radang. Sehingga bahan sangat efektif untuk mengatasi kulit kepala yang mengalami iritasi dan menyebabkan ketombe. Kandungan bahan ini juga mampu mencegah timbulnya dermatitis seboroik

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan mengatasi ketombe.

Minyak ini juga membantu rambut untuk menangkal radikal bebas, memperbaiki rambut rusak, mencegah terjadinya ketombe dan melembabkan kulit kepala.

Cara penggunaan pun cukup mudah. Anda bisa mengoleskannya di rambut sebelum keramas, dijadikan sebagai kondisioner dan juga masker rambut.

Lidah buaya

Salah satu penyebab timbulnya ketombe seperti yang telah disebutkan di atas adalah tumbuhnya jamur dan bakteri di kulit kepala. Nah, kandungan lidah buaya sendiri kaya akan antibakteri dan antijamur. Sehingga, menjadi bahan yang tepat untuk mengatasi permasalahan ketombe Anda.

Cara mengatasi rambut rontok

Saat ini juga sudah banyak produk shampo dan kondisioner yang beredar di pasaran untuk mengatasi rambut rontok.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin melakukan perawatan dengan bahan alami, hal ini juga bisa dilakukan. Bahan-bahannya pun sederhana dan mudah ditemukan di sekitar kita.

Teh hijau dan seledri

Perpaduan antara teh hijau dan daun seledri mampu mengatasi kerontokan rambut Anda. Karena kandungan keduanya kaya akan antioksidan, vitamin A dan B yang mampu menguatkan akar rambut.

Adan bisa menyeduh kedua bahan ini dan diamkan beberapa saat. Nantinya, air hasil rendaman usapkan ke rambut, dari mulai pangkal hingga ujung rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Bawang merah dan bawang putih

Kita memang sudah sering mendengar bawang merah dan bawang putih sangat baik untuk kesehatan. Namun, pernahkah Anda menyangka, ternyata kedua bahan ini juga sangat berkhasiat mengatasi rambut rontok?

Anda bisa membuat dua bahan ini menjadi jus, lalu diusapkan ke rambut. Lakukan hal ini, setidaknya 2 kali seminggu.

Minyak zaitun

Kandungan minyak zaitun sangat kaya akan vitamin A, C, D, E, K, Zat besi, dan kalsium. Sehingga sangat baik untuk mencegah rambut rontok dan memperbaikinya.

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke rambut setiap hari. Lakukan pijatan pada kulit kepala agar akar rambut menjadi rileks.

Selain menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi ketombe dan rambut rontok, Anda juga harus disiplin untuk melakukan perawatan.

Lakukan beberapa hal ini secara rutin dan berkesinambungan, agar rambut selalu tampak sehat dan indah.

  1. Sering melakukan masker rambut seminggu  kali
  2. Jangan malas menyisir rambut, karena ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kepala
  3. Banyak minum air putih
  4. Makan sayur-sayuran dan buah-buahan
  5. Menjalani pola hidup sehat
  6. Jangan menggunakan hair dryer dan pelurus rambut terlalu sering
  7. Jangan menutup rambut dalam keadaan basah

Demikian cara mengatasi ketombe dan rambut rontok tanpa perlu merogoh uang banyak. Caranya alami dan tidak menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat.

Bagikan tulisan ini // "sharing is caring"

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Dapatkan diskon up to 30% hanya dengan memberikan komentar di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON SELAMAT DATANG sebesar

20%.

Silahkan masukkan Nama & email Anda disini