cara menghilangkan keriput
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

13 Cara Menghilangkan Keriput Secara Alami

Tanda-tanda penuaan pada kulit memang menjadi momok banyak orang. Karena bisa merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Daftar Isi

Hal paling sederhana yang bisa dilihat langsung dari tanda penuaan ini adalah munculnya garis halus dan keriput.

Banyak cara dilakukan orang untuk menghilangkan garis halus dan keriput. Mulai dengan melakukan perawatan sejak dini, menggunakan bahan alami dan produk kecantikan. Sebagian malah perlu merogoh uang yang sangat dalam saat mengatasinya. Padahal, ada cara menghilangkan keriput dan garis halus dengan cara sederhana, alami dan tentunya tidak membutuhkan uang banyak.

Cara Menghilangkan Keriput

Ada setidaknya sepuluh langkah yang harus Anda lakukan sebagai cara menghilangkan keriput dan garis halus. Jika hal ini rutin dan disiplin di lakukan, permasalahan tanda penuaan ini tidak perlu cepat Anda rasakan.

Bahkan, usia di atas 4o tahun pun, kulit Anda akan tetap sehat dan kencang.

Jangan sering-sering mencuci wajah

Sebenarnya, mencuci wajah merupakan hal rutin yang perlu dilakukan oleh setiap orang jika menginginkan kulit bersih dan sehat. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih dan sisa make up.

Akan tetapi, hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Karena hal ini menyebabkan lapisan pelindung kulit sedikit demi sedikit akan terkikis. Jika hal ini terjadi pada Anda, kulit akan terasa kering dan sangat rentan mengalami keriput. Apalagi, jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif.

Sebaiknya, cuci wajah Anda maksimal dua kali dalam sehari. Agar pelindung kulit wajah Anda selalu terlindungi.

Memijat wajah

Cara menghilangkan keriput juga bisa dilakukan dengan memijat wajah. Ini memang harus dilakukan secara rutin dan disiplin, serta dengan teknik pijat yang benar.

Adapun cara melakukan teknik memijat untuk mengatasi tanda penuaan adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan essential oil dan oleskan pada wajah hingga leher
  2. Awali pemijatan di area bawah telinga pada sisi-sisi leher. Lakukan gerakan memutar lebar hingga menyapu bagian tenggorokan dan sepanjang garis rahang
  3. Pijat kedua sisi wajah Anda
  4. Pijat dahi dengan cara gerakan memutar pada sisi dahi dengan gerakan bersamaan. Anda bisa memulai dari pelipis hingga ke tengah dahi
  5. Pijat daerah mata yang dimulai dengan sudut luar mata dan bergerak ke bawah mata, serta berakhir di bagian dalam sudut mata.
  6. Ulangi sekali lagi tahap 2 hingga 5 sebelum mengakhiri pijatan.

Cukup istirahat

Salah satu cara menghilangkan keriput adalah dengan istirahat yang cukup. Kenapa hal ini penting?

Setiap orang sebenarnya dianjurkan untuk istirahat delapan jam dalam sehari. Ini akan membantu tubuh untuk memulihkan diri dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

Saat seseorang kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang dapat memperlambat regenerasi tubuh dan sel kulit.

Kebutuhan cairan tubuh terpenuhi

Banyak orang yang telah mengetahui, kurangnya cairan tubuh bukan hanya berakibat pada kesehatan, tetapi juga kulit.

Akibat tidak terpenuhinya cairan dalam tubuh, kulit Anda bisa menjadi kering dan berkerut atau keriput. Karena itu, setidaknya Anda harus minum 2 liter air setiap harinya agar kulit selalu tampak kencang dan sehat.

Posisi tidur benar

Banyak ahli mengatakan, bahwa tidur yang cukup adalah kunci memiliki kulit sehat dan menunda timbulnya keriput. Namun, apa jadinya jika tidur malah menjadi salah satu hal yang juga menyebabkan keriput ini timbul?

Ternyata, beberapa posisi tidur dapat menyebabkan seseorang terlihat tampak tua. Sehingga, sebelum Anda memejamkan mata, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bagaimana posisi tidur Anda.

Adapun posisi tidur yang benar dan mampu menjaga kekencangan tubuh adalah dengan tidur telentang. Karena posisi ini tidak membuat wajah Anda bersentuhan langsung dengan sarung bantal ataupun sprei yang sering menimbulkan gesekan. Gesekan inilah nantinya yang membuat kulit Anda, perlahan demi perlahan memunculkan keriput.

Ada baiknya juga jika sebelum tidur, Anda menggunakan retinol ataupun krim malam.

Jangan terpapar matahari berlebih

Matahari memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Terutama untuk kepadatan tulang dan mencegah timbulnya tulang keropos.

Akan tetapi, terpapar matahari terlalu sering juga bisa menimbulkan berbagai macam efek negatif. Terutama demi kesehatan kulit.

Hal umum yang sering terjadi jika Anda terlalu banyak terkena sinar matahari adalah penuaan dini seperti keriput dan noda-noda hitam, kulit terasa terbakar, hingga kanker kulit

Konsumsi makanan bernutrisi

Cara menghilangkan keriput yang paling efektif adalah mengatur pola makan Anda. Segala nutrisi dan gizi, serta kalori yang dibutuhkan oleh tubuh harus terpenuhi.

Adapun kebutuhan kalori yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Sesuai dengan usia dan aktivitas yang dilakukan seseorang.

Sedangkan untuk jenis makanan yang bisa mencegah timbulnya keriput antara lain:

  • Makanan mengandung serat tinggi
  • Kaya akan vitamin A, E, C dan B Kompleks
  • Mineral

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik, Anda juga diharuskan untuk berolahraga secara teratur

Gunakan krim malam

Salah satu perawatan kecantikan yang tidak boleh Anda lewatkan setiap hari adalah menggunakan krim malam.

Krim malam bukan hanya memberikan efek mencegah keriput dan penuaan dini, juga mampu meningkatkan kecerahan kulit, mengatasi noda-noda hitam, dan mengencangkan kulit.

Mencari krim yang tepat untuk kulit kita memang susah-susah gampang. Ada krim wajah yang bisa cocok untuk orang lain, tetapi tidak berefek apa-apa kita atau sebaliknya. Namun, jika Anda sudah menemukan krim perawatan wajah yang sudah benar-benar cocok, sebaiknya tidak usah menggantinya lagi.

Hindari stress

Masalah kulit, termasuk munculnya tanda-tanda penuaan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah tingkat stres yang tinggi.

Seseorang yang mengalami stres biasanya membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang tinggi. Sehingga kulit menjadi lebih berminyak dan rentan mengalami keriput.

Saat stres kita juga cenderung untuk tidak merawat diri. susah tidur dan tidak memperdulikan asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Tidak merokok

Jika Anda memperhatikan dengan seksama, mereka yang memiliki kebiasaan merokok sejak muda, kerap kali mengalami penuaan dini secara cepat. Baik itu kulit menjadi kering dan juga keriput.

Hal ini akibat dari efek bahaya yang ditimbulkan oleh rokok. Seperti nikotin yang terdapat di dalam rokok yang mampu menghilangkan nutrisi dan oksigen dalam darah. Padahal, kedua hal ini sangat dibutuhkan untuk regenarasi sel kulit.

Karena itu, sebaiknya hindari rokok, jika memang Anda menginginkan kulit yang tampak sehat dan kencang.

Cara Menghilangkan Keriput dengan Bahan Alami

Selain menerapkan kebiasaan baik seperti yang telah dipaparkan di atas, Anda juga bisa mengatasi permasalahan kulit keriput dengan bahan alami.

Beberapa bahan bahkan bisa ditemukan di sekitar Anda dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Putih telur untuk masker

Untuk menghilangkan kerutan pada wajah, Anda bisa memanfaatkan keajaiban putih telur. Jadikan bahan ini sebagai masker yang bisa digunakan 2 kali dalam seminggu.

Adapun cara menghilangkan keriput dengan putih telur adalah dengan mencampurkan satu butir putih telur dengan dua sendok teh perasan jeruk nipis. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih.

Masker pisang

Ternyata pisang memiliki kandungan minyak dan vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Anda bisa menjadikan bahan ini sebagai masker untuk menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya dengan menghaluskan satu buah pisang sampai halus, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan hingga 15 menit ,lalu bilas wajah hingga bersih.

Lakukan secara rutin, 3 kali dalam seminggu.

Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah banyak dikenal sebagai bahan perawatan kulit. Salah satunya adalah mengatasi kerutan wajah. Karena bahan ini dipercaya mengandung senyawa yang mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit.

Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung ataupun dengan menjadikannya sebagai masker tidur. Demikian beberapa cara menghilangkan keriput dan garis halus pada wajah. Lakukan secara rutin, jika ingin mendapatkan kulit halus, sehat dan kencang secara maksimal

Bagikan tulisan ini // "sharing is caring"

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Dapatkan diskon up to 30% hanya dengan memberikan komentar di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON SELAMAT DATANG sebesar

20%.

Silahkan masukkan Nama & email Anda disini