Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Membangun Rasa Percaya Diri Dengan 6 Cara

Semua orang tentu pernah berada di titik merasa tidak yakin pada kemampuannya. Jika Anda sedang mengalaminya, Anda harus tahu cara membangun rasa percaya diri Anda kembali.

Daftar Isi

Percaya diri adalah kondisi yang yakin pada kompetensi dan mutu diri sendiri.  Percaya diri sangat penting bagi orang dengan pekerjaan, situasi, dan kondisi apa pun. Dengan percaya diri, apa yang Anda lakukan akan terlaksana sesuai rencana.

Keuntungan yang Bisa Diraih, Jika Dapat Membangun Rasa Percaya Diri

Orang yang memiliki kepercayaan diri cenderung berani dalam mengambil sikap. Mereka yakin, bisa menghadapi risiko yang hadir usai mengambil sebuah keputusan.

Dalam hal pekerjaan, orang percaya diri selalu mantap mengambil langkah demi pencapaian besar. Keyakinan pada kualitas diri itulah yang biasanya membawa seseorang pada kemajuan.  Tentu ini sangat baik bagi karier yang sedang ditempuh.

Memiliki rasa percaya diri punya banyak keuntungan lain. Beberapa di antara keuntungannya akan kami uraikan di bawah ini.

membangun rasa percaya diri

Kemampuan yang Lebih Unggul

Orang yang punya kepercayaan diri cenderung berpikir positif. Alih-alih takut tidak bisa, mereka biasanya berani mencoba. Kinerja orang percaya diri tentunya akan lebih unggul karena beraninya mereka mencoba hal-hal baru. Pengetahuan dan kemampuan pun terus bertambah.

Jalinan Pertemanan yang Baik

Rasa percaya diri tidak hanya berpengaruh pada kemampuan diri. Orang sekitar pun akan merasakan aura positifnya.

Saat berada dalam suatu kelompok, rasa percaya diri akan membimbing Anda. Anda akan menularkan keyakinan dan kepercayaan akan kualitas Anda dan kawan-kawan. Dengan begitu, hubungan pertemanan akan terjalin baik.

Berani Mencoba Sesuatu yang Baru

Bisa membangun rasa percaya diri akanmengantarkan Anda pada keberanian.  Ketika Anda mendapatkan kembali rasa percaya diri, Anda tidak takut mencoba Hal baru. Misal dalam melamar pekerjaan, berkawan, atau berkencan. Orang yang memiliki rasa percaya diri cenderung mudah bergaul karena keberaniannya masuk ke lingkungan baru.

Ketahanan

Kepercayaan diri bisa membangun kekuatan. Baik fisik, maupun dari sisi psikis.

Percaya diri membuat Anda tidak terpuruk saat gagal. Keyakinan akan membawa Anda bangkit dari kegagalan. Begitu pula saat fisik Anda tidak sehat. Percaya diri membuat Anda yakin dan bersemangat untuk segera sembuh.

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Sungguh banyak manfaat yang bisa dirasakan jika Anda percaya diri. Sebaliknya, jika tidak percaya diri, Anda akan berada dalam keraguan. Hasilnya, kemampuan tidak terasah dan akan menganggap Anda tidak bisa.

Apakah Anda sedang tidak percaya diri dalam menghadapi sesuatu? Simak 6 cara menghadirkan rasa percaya diri berikut.

membangun rasa percaya diri

Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Apakah Anda pernah membandingkan kinerja Anda dengan rekan? Dia selalu unggul dan mendapat pujian sementara Anda tidak. Pernahkah Anda membandingkan fisik diri sendiri dengan saudara? Adik atau kakak kandung Anda bertubuh tinggi, sementara Anda tidak. Atau perbandingan-perbandingan lain.

Pernahkah? Jika iya, ini waktunya Anda untuk berhenti. Membanding-bandingkan itu tidak akan baik untuk kesehatan mental Anda. Ini malah membuat kepercayaan diri semakin menurun.

Perbandingan semacam ini akan membuat Anda melihat kekurangan diri sendiri. Sebaliknya, saat melihat orang lain, kelebihannya lah yang tampak. Rasa syukur dan beruntung akan berkurang. Hasilnya, Anda akan semakin minder dan terpuruk.

Saat melihat orang lain punya sesuatu yang lebih, yakinlah Anda pun punya banyak keistimewaan. Daripada membandingkan, lebih baik fokuskan pikiran pada apa yang tengah Anda kerjakan.

Berkumpul dengan Orang – Orang Positif

Anda akan kesulitan membangun rasa percaya diri, jika dikelilingi orang yang memberi pengaruh negatif. Anda akan sulit maju, bila orang sekitar selalu menjatuhkan. Perkataan dan perlakuan mereka menyakiti dan meremehkan Anda.

Anda bukan orang yang jahat jika menjauhi orang-orang berperangai buruk. Menjauhi mereka malah berarti menyelamatkan psikis Anda.

Sayangilah diri Anda dengan berkumpul bersama orang-orang positif. Mereka akan menularkan hal positif juga. Anda akan merasa jauh lebih dihargai dan disayangi saat bersama mereka.

Menjaga Kondisi Tubuh

Percaya diri dapat sokong dengan kondisi tubuh yang baik. Melihat fisik yang terawat akan memberikan kepuasan bagi diri Anda. Badan sehat, hati pun turut bahagia. Hal ini dapat menjadi nutrisi untuk memupuk rasa percaya diri.

Bisa dengan menggunakan parfum yang bisa menaikkan rasa percaya diri yaitu Dark Amora

Menoleransi Diri Sendiri

Memaafkan dan berbuat baik bukan hanya dilakukan untuk orang lain. Anda berhak diperlakukan dengan baik oleh diri sendiri juga saat mengalami kegagalan atau membuat kesalahan.

Kebanyakan manusia merasa tidak berguna, tidak berusaha maksimal, bahkan merasa tak berarti saat berbuat kesalahan. Anda dan orang lain berhak mendapatkan maaf untuk kesalahan yang dilakukan.

Sebagaimana kita ketahui, manusia tidaklah  sempurna. Kegagalan dan kesalahan tentu pernah dilakukan. Ini merupakan hal yang dilakukan semua orang.

Sikap ini akan membuat hati lebih tenang dan emosi menjadi terkendali. Anda pun bisa kembali membangun rasa percaya diri.

Katakan Hal Positif Terhadap Diri Sendiri

Berbicara dalam hati atau diucapkan, akan memberikan efek bagi tubuh. Entah itu berupa kata-kata yang positif ataupun negatif. Keduanya berpengaruh sesuai sifatnya.

Berbicara negatif memiliki efek negatif. Contohnya, saat Anda dihadapkan pada persoalan sulit. Apalagi kalau persoalan itu merupakan hal yang paling Anda khawatirkan. Terlintas dalam pikiran bahwa Anda tidak bisa melakukannya.

Kata-kata negatif di pikiran Anda ini bisa memengaruhi rasa percaya diri. Anda menjadi ragu-ragu, bahkan mundur sebelum mencoba.

Agar Anda mendapatkan pengaruh yang baik, mulailah membiasakan diri mengatakan hal baik. Tekadkan dalam hati untuk mengganti ucapan negatif dengan yang lebih baik. Lakukan terus setiap pikiran negatif datang.

Misalnya:

“Saya tidak pernah menyelesaikan tugas seperti, selalu saja gagal.” Ganti kata tersebut dengan kalimat berbeda yang lebih positif. Misalnya saja, “Aku akan menyelesaikannya dengan baik terlebih dahulu, baru berfikir gagal.”

Contoh lainnya:

“Saya payah dalam hal ini. Nah, gagal lagi, kan!” Anda bisa menggunakan kalimat positif seperti, “Manusia memiliki kelemahan, tidak apa-apa. Yang terpenting saya sudah mencoba dan berusaha.”

“Saya bodoh dalam mengerjakan hal itu!” Ganti kalimat tersebut dengan kata-kata berbeda, “Aku hanya belum tahu saja, nanti juga ahli.”

Berani Menghadapi Ketakutan

Cobalah menantang diri sendiri dalam menghadapi apa yang Anda khawatirkan. Tidak ada obat lain selain mencoba. Setelah mencoba, Anda akan tahu bahwa tidak semua akan berakhir mengerikan. Bisa saja hasilnya memuaskan.

Misal, saat ingin berkenalan dengan orang yang Anda sukai diam-diam. Atau saat mengajukan proyek baru pada atasan. Cobalah. Hanya ada dua kemungkinan, berhasil atau bisa juga gagal.

Jika tidak berhasil, itu hal yang wajar. Siapkan diri untuk menerima hasilnya dengan hati yang lapang. Jika Anda berani, lalu mendapat apa yang Anda inginkan, itu akan menambah kepercayaan diri.

Setelah mencobanya, Anda pun akan berani mencoba hal yang lebih besar. Namun, Jika kekhawatiran Anda terasa berlebihan, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Bagikan tulisan ini // "sharing is caring"

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Dapatkan diskon up to 30% hanya dengan memberikan komentar di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON SELAMAT DATANG sebesar

20%.

Silahkan masukkan Nama & email Anda disini